PROPOSAL
USAHA JASA LAUNDRY
“ FRESH AND DRY CLEANING ”
Disusun sebagai persyaratan tugas Kewirausahaan
Dosen pengampu Bapak Dr. Drs. Sukirman, S.Pd,
SH, MM
Di susun oleh :
IIS SUGIHARTY
NIM :
201511246
PROGRAM STUDY EKONOMI MANAGEMENT
UNIVERSITAS
MURIA KUDUS
TAHUN
AJARAN 2017 / 2018
ABSTRAK
Iis
Sugiharty Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus, 2015.
Proposal Jasa Laundry “ Fresh and Dry Cleaning”.
Proposal
ini dibuat dengan tujuan untuk memberi petunjuk pembaca dalam mencari peluang
bisnis membuka usaha loundry, dalam hal ini adalah loundry pakaian. Cara
service loundry ada banyak, dan dalam hasil penelitian ini saya menjelaskan
peluang bisnis pendirian bisnis laundry. Dalam hasil penelitian ini juga
dibahas keuntungan dan kerugian dalam berbisnis loundry. Laundry adalah jasa
binatu (laundry) dengan biaya jasa yang kompetitif lagi terjangkau, maka jasa
laundry kami adalah solusinya untuk anda pribadi yang sibuk bekerja dan tidak
punya waktu untuk mencuci. Diharapkan dengan disetujuinya hasil proposal saya
ini, dapat menambah wawasan pembaca dan juga dapat memudahkan pembaca untuk
memilih jesnis service yang menguntungkan.
Kata
kunci : Jasa Laundry
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami ucapkan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, atas berkah dan rahmat-Nya
maka dapat menyelesaikan penelitian ini dengan semampunya. Proposal usaha
Laundry ini dibuat dengan tujuan agar mengetahui tentang usaha laundry baik
dari segi pendapatan ataupun modal usaha yang dibutuhkan. Penyelesaian proposal
usaha ini juga bersumberkan dari beberapa referensi baik dari penelitian
langsung dan juga dari pengetahuan yang kami miliki seputar hal ini. Semoga
proposal usaha ini dapat bermanfaat bagi kita semua, mengingat usaha laundry yang berkembang sangat pesat pada saat sekarang ini. Oleh
karena itu, diharapkan saran dan
kritik sebagai penyempurnaan penelitian ini.
Kudus,0909Maret 2017
Penulis
DAFTAR ISI
COVER ................................................................................................... i
ABSTRAK .............................................................................................. ii
KATA PENGANTAR ............................................................................... iii
DAFTAR ISI
........................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang........................................................................... 1
B. Visi dan Misi........................................................ .....................
4
BAB II PROFIL
PERUSAHAAN.............................................................. 5
BAB III STRUKTUR
ORGANISASI.......................................................... 7
BAB IV PRODUK
USAHA........................................................................ 7
BAB V ASPEK
PEMASARAN
A.
Target
dan Segmentasi Pasar.................................................. 16
B.
Faktor
Kompetitif.................................................................... 17
C.
Rencana
Penjualan................................................................. 18
BAB VI RENCANA
KEUANGAN................................................................ 20
PENUTUP
A.
KSIMPULAN............................................................................. 25
B.
TINDAK LANJUT......................................................................
26
DAFTAR PUSTAKA
..................................................................................
27
LAMPIRAN
..............................................................................................
28
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Indonesia
adalah Negara yang kaya akan berbagai kebudayaan dan tentu saja memiliki banyak
sekali jenis sumber daya alamnya. Sebagai penduduk Indonesia tentu saja harus
memanfaatkan apa yang ada di kebudayaan kita ini, apa yang bisa kita buat dan
tentu saja dapat menghasilkan sebuah keuntungan.
Situasi
perekonomian sekarang yang semakin lama semakin sulit menuntut kita untuk
bekerjadan berusaha lebih keras untuk dapat mempertahankan kehidupan.Tidak
dapat hanyamengandalkan gaji atau uang bulanan saja mengingat kebutuhan dan
harga-harga barang yangsemakin melonjak, kita di tuntut untuk dapat menunjang
perekonomian dengan cara lain yang jugasekaligus dapat membuka lapangan kerja
baru bagi orang lain. Akan tetapi sering kali kitaterbentur dengan permodalan,
untuk itu dalam hal ini proposal yang kita ajukan adalah mencoba berbisnis
dengan modal yang tidak terlalu besar, akan tetapi dapat menghasilkan
keuntungan yangoptimal.
Ide
dan peluang dapat kita peroleh dengan hal hal kecil yang berada di sekitar
kita. Perekonomian tentu saja akan terus berkembang dan sebagai orang yang
dapat melihat ide dan peluang kita harus cepat tanggap dan merespon perubahan
perubahan yang akan terjadi saat ini. Kita tidak dapat memungkiri dalam
mamanfaatkan ide dan peluang tentu saja ada masalah yang tentu akan terjadi,
namun jika kita tidak mencoba kita tidak akan mempunyai pengalaman dalam
berbagai hal. Kita harus berani untuk mencoba terlebih dahulu jangan sampai
ketakutan, ketakutan tersebut menghalangi kita untuk memperoleh ide dan peluang
yang akan kita jalankan.
Dalam
kehidupan sehari-hari, masih banyak orang yang menafsirkan dan memandang bahwa
kewirusahaan adalah identik dengan apa yang dimiliki dan dilakukan oleh
usahawan atau wiraswasta. Pandangan tersebut kurang tepat karena jiwa dan sikap
kewirausahaan tidak hanya oleh usahawan, namun juga oleh setiap orang yang
berpikir kreatif dan bertindak inovatif, misalnya petani, karyawan, pegawai pemerintah,
mahasiswa, guru, pimpinan proyek, dan lain sebagainya.
Berpikir
kreatif dan inovatif dapat menciptakan ide kreatif dan inovatif. Dan ide
tersebut dapat membuat sebuah peluang usaha yang besar. Tetapi kita harus
berpikir kreatif dan inovatif yang sungguh-sungguh dan mendalam agar dapat
menciptakan suatu ide yang dapat menghasilkan peluang. Dengan kreatifitas dan
inovatif kita bisa menciptakan suatu nilai lebih terhadap suatu barang dan jasa
yang memiliki nilai guna bagi konsumen yang membutuhkan. Dengan ide kreatif dan
inovatif membuat peluang usaha kita menjadi lebih kuat daripada pesaing usaha
kita. Dikarenakan hasil jasa usaha kita mempunyai nilai lebih yang pastinya
akan menarik minat konsumen.
Usaha
laundry merupakan salah satu bentuk usaha yang cukup menjanjikan. Di era serba
cepat kebutuhan manusia akan waktu sangat diperlukan keefektifan kita mengelola
dan memanejemen semua aktivitas rumah tangga membuat masyarakat ingin serba
praktis, misalnya aktivitas sehari-hari seperti mencuci baju, tidak semua
menyempatkan diri untuk mencuci, apalagi khusunya mahasiswa yang saat ini tugas
kuliah dari dosen yang bertumpuk-tumpuk membuat mereka enggan untuk mencuci dan
lebih mempercayakannya kepada jasa tukang cuci atau pengusaha laundry dengan
alasan menghemat waktu dan agar lebih berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas
kuliahnya. Usaha laundry ini akan kami beri nama “ Laundry Fresh and Dry Cleaning” dengan slogannya “Tak ada yang selembut sentuhan kami”,
kami berharap melalui usaha ini kami
akan memberikan pelayanan-pelayanan yang tidak lazim diberikan pada usaha-usaha
sejenisnya, kedepannya kami berinisiatif usaha ini dapat memberikan corak yang
berbeda di dunia kewirausahaan.
Belakangan
ini usaha laundry semakin menjanjikan keutungan yang memuaskan hal ini dapat
dibuktikan melalui semakin banyaknya peminat akan jasa laundry yang ditawarkan.
Bukan hanya jasa cuci baju tetapi juga menjual berbagai parfume laundry dengan
berbagai jenis pewangi laundry. Persaingan di dunia bisnis juga semakin tinggi.
Menghadapi persaingan yang tinggi itu perlu dilakukan strategi agar
permasalahan – permasalahan yang dapat diatasi dengan baik. Adapun hal – hal
yang dapat melatarbelakangi permasalahan tersebut meliputi permasalahan dalam menawarkan
jasa laundry kepada masyarakat dan kepercayaan konsumen kepada pengusaha
laundry. Keterbatasan ruang dan waktu yang dihadapi oleh para usahawan dalam mempromosikan
usaha laundry dengan cara cepat dan tepat. Cepat dan tepat maksudnya adalah
pelanggan dapat menerima jasa laundry tanpa harus ke toko saya, dan bisa
melayani sintem antar jemput pakaian yang akan di laundry. Dimanasebelumya memperoleh
informasi jasa laundry dari
Brosur-Brosur, Koran, Majalah dan diberbagai media elektronik lainnya dengan
harga yang sangat terjangkau.
Usaha
jasa Laundry yang akan saya dirikan adalah di bidang jasa yang menawarkan jasa
mencuci pakaian. Alasan saya dalam memilih usaha jasa laundry saya dasarkan
atas pertimbangan sebagai berikut:
1.
Memanfaatkan gaya hidup malas
mencuci ,mungkin terutama untuk orang yang tinggal dikost;
2.
Perubahan gaya hidup dan tuntutan
kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga, yang tidak
memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada usaha
laundry kiloan;
3.
Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan
pakaian sering lebih mudah menjadi kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan
mencuci manual pasti akan sulit menjadi kering, oleh karenanya banyak yang
menyerahkan pakaian kotor mereka ke laundry;
4.
Trend mencuci di laundry sudah
menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.
Oleh karena itu kami berniat merintis
usaha laundry yang lain dari pada yang lain, dimana kami mengusung laundry yang
bertemakan mahasiswa, yaitu sebuah layanan jasa pencucian pakaian yang
menyesuaikan harga dengan kantong mahasiswa tanpa mengurangi sedikitpun
kepuasan dan kualitas. Sistem pemangkasan harga tersebut adalah sesuatu yang
tidak mustahil selama keuntungan yang didapatkan adalah keuntungan relative dan
sifatnya kontinyu untuk kelangsungan usaha ini.
B. VISI DAN MISI
Visi usaha yang
dapat diperoleh dalam jangka 6 bulan kedepan adalah:
1.
Terwujudnya keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, sehingga
mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata untuk mengurangi pengangguran
dengan menyerap tenaga kerja melalui usaha laundry ini, mengingat
usaha ini memiliki potensi yang besar.
2.
Membuka wawasan mahasiswa dan meningkatkan
keterampilan dalam berwirausaha sehingga mampu menghadapi
persaingan
bebas dengan cara menjadi entrepreneur muda indonesia.
3.
Terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya tempat penunjang
kebutuhan sehari hari seperti usaha
laundry ini.
Sedangkan
misi dari didirikankanya usaha jasa laundry ini adalah :
1.
Memanfaatkan
peluang yang dapat menghasilkan uang;
2.
Melatih jiwa
berwirausaha dikalangan mahasiswa;
3.
Untuk memperoleh
penghasilan yang dapat kami gunakan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
Unit usaha ini
diberi nama “Freshand Dry Cleaning” dikarenakan bergerak dibidang laundry
dengan mengedepankan kepuasan konsumen dalam hal kebersihan dan kesegaran hasil
cucian yang kami lakukan.
Nama Organisasi : Laundry “Freshand Dry Cleaning”
Jenis Organisasi : PT yang bergerak dibidang laundry
Pemilik : Iis Sugiharty
Bentuk Badan Hukum : Perseorangan
No. Telepon : 08112888045
Adapun biodata Pemilik/Pengurus yaitu sebagai
berikut :
Nama : Iis Sugiharty
Jabatan : Pemilik Usaha
Tempat dan Tgl. Lahir : Temanggung, 18 April 1993
Alamat Rumah : Desa Sidokerto RT 008/001 Pati
Nomor Telepon/HP : 08112888045
Alamat Email : iisciidellphins@yahoo.co.id
Pendidikan Terakhir : D-II
Dari segi legalitas usaha, unit usaha ini beberapa
dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha
yang dilaksanakan berjalan lancar di kemudian hari. Beberapa dokumen hukum yang
dimiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah :
1.
Badan hukum
Untuk usaha ini yaitu berupa perseorangan karena
usaha yang kami lakukan sifatnya merupakan usaha sendiri
dengan modal sendiri,
dimana seluruh aktivitas yang timbul dalam pengelolaan menjadi tanggung jawab sendiri.
2. Tanda
daftar perusahaan dan Surat ijin usaha
Usaha Laundry memiliki ujin usaha dari dinas
perindustrian dan sudah terdaftar sebagai pelaku usaha yang bergerak dalam jasa
Laundry. Sesuai dengan Undang – Undang No. 3/1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, Perusahaan adalah setiap
bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus
menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia
dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba.
3. Bukti
Diri
Unit usaha kami juga mempunyai bukti
diri mengenai kepemilikan usaha dan keterangan lain yang berhubungan dengan
usaha laundry.
Lokasi
yang saya pilih untuk menjalankan usaha laundry adalah di Jalan Kalijaga Nomor
30 Pati(Sebelah Indomart Sidokerto). Sarana yang kami gunakan untuk menunjang
usaha kami adalah dengan memanfaatkan : Mesin cuci, mesin pengering, setrika,
lemari pakaian, kendaraan,dan pewanggi pakaian dll. Sedangkan untuk prasarananya
kami menggunakan ruko seluas 90 m2.
Berkaitan
dengan bangunan dan tata letak bangunan, laundry ini akan didirikan di atas
tanah seluas 90 m2dimana luas tanah untuk mendirikan bangunan toko 85
m2, dan 5m2 untuk tempat parkir.
Usaha
laundry akan mulai didirikan pada tanggal 1 April 2017 sampai tanggal 10 April
2017 untuk kegiatanpembangunan gedung, dan kegiatan operasional penjualan mulai
lounching dan diperkenalkan ke masyarakat mulai tanggal 15 April 2017.
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
Job Description
(Deskripsi Pekerjaaan)
1.
Bagian administrasi (kasir)
bertugas menerima pakaian yang ingin dicuci dan disetrika, menimbang dan
membuat nota pembayaran. Jikakonsumen membayar lunas di muka, maka nota
tersebut dicap “Lunas”, tetapi jika konsumen belum membayar, maka pembayaran
dapat dilakukan pada saat pengambilan cucian.
2.
Bagian keuangan bertugas
menentukan prosedur penetapan dan perhitungan pembelian bahan baku serta
membuat neraca dan laporan laba rugi.
3.
Bagian operasional bertugas
mencuci dan menyetrika pakaian. Setelah pakaian telah dicuci dan disetrika, kemudian
bertugas mengemasi pakaian tersebut sesuai nomor urut dan jumlah pakaian.
4.
Bagian pemasaran bertugas untuk
mempromosikan usaha.
Struktur Organisasi dan jumlah SDM yang dibutuhkan
dalam bisnis Loundry adalah sebagai berikut :
Jabatan
|
Jumlah
|
Pendidikan
Terakhir
|
M.Opersional
|
1
orang
|
SMK
|
Kasir
|
1
orang
|
SMA
|
Tukang
cuci
|
2
orang
|
SMA
|
Tukang
setrika
|
2
orang
|
SMA
|
Tabel 3.1 : Jumlah SDM dalam dibutuhkan dalam bisnis Loundry
Untuk mengendalikan tahap manajemen saya
membagi tugas dan tanggug jawab pada setiap tenaga kerja, antara lain :
Manajer
|
Bertugas mengawasi tukang cuci,
setrika dan kasir
|
Tukang cuci
|
Bertugas untuk mencuci pakaian
yang akan dicuci dari pelanggan
|
Tukang setrika
|
Bertugas untuk menyetrika pakaian
setelah proses pencucian selesai
|
Kasir
|
Bertugas melayani pelanggan yang
akan meloundrykan pakaian serta menyampaikan harga perkilo dan parfum yang
akan dipilih pelanggan
|
Tanggung jawab :
Manajer
|
Bertanggung jawab atas kinerja
dari masing-masing tugas tenaga kerja
|
Tukang cuci
|
Bertanggung jawab atas atas
pakaian yang akan dicuci dan kebersihan dari pakaian yang akan dicuci
|
Tukang setrika
|
Bertanggung jawab atas pakaian
yang akan disetrika dan ketelitian dalam menyetrika
|
Kasir
|
Bertanggung jawab dalam keuangan
usaha dan melayani pelanggan pada saat akan meloundrykan bahan yang akan di
loundrykan
|
Cara menganalisis atau menyeleksi
sumberdaya manusia yang dibutuhkan dalam usaha pendirian bisnis Loundry :
- Membuat
selebaran atau media cetak lainnya mengenai informasi lowongan pekerjaan
- Melampirkan
persyaratan berkas permohonan pekerjaan
- Panggilan
untuk seleksi pelamar
- Keputusan
penerimaan yang didasarkan pada persyaratan-persyaratan yang dilampirkan
- Penempatan
unit kerja
- Evaluasi
kinerja
- Pengembangan
atau pengarahan SDM
- System
kompensasi
BAB IV
PRODUK USAHA
Pelaksanaan dan pengawasan program dilakukan secara
terorganisir dan melakukan evaluasi atau pengecekan mingguan atas dasar
kepercayaan guna analisis dari faktor internal. Hal tersebut dilakukan supaya
dapat mempertahankan keunggulan dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis
Loundry dan selalu dapat dipercaya kebersihannya.
Fresh and Dry Cleaning memberikan
pelayanan maksimal dalam mencuci dan Memberikan layanan dua hari tidak jadi
gratis. Kami juga menyediakan layanan 1 day servis. Proses mencuci menggunakan
mesin-mesin terpercaya seperti: Lux dan Electrolux serta Deterjen, Softener & bahan-bahan lain
sesuai standar mutu. Terdapat 3 pilihan pewangi yang dapat dipilih sendiri oleh
konsumen, karena diyakini selera konsumen berbeda-beda satu dengan yang lain.
Sistem
Pengepakan yang rapi dengan dibungkus plastik khusus laundry guna
menjagakebersihan dan kerapian pakaian. Plastik di press menggunakan alat
khusus (siller) sehingga kesan eksklusif tetap terjaga. Memberikan fasilitas Full
Delivery Service (layanan antar-jemput). Adanya garansi dalam mencuci bagi
konsumen, bagi pakaian yang tidak bersih atau tidak rapi dapat dikembalikan
untuk dicuci dan di setrika tanpa dipungut biaya tambahan.Adanya sistem
pencucian khusu untuk pakain yang berwarna putih pensetrikaaan
yang menggunakan setrika uap sehingga menjamin kerapian pakaian.
Fresh
and Dry Cleaningini tidak hanya menyediakan fasilitas cuci-setrikapakaian saja,
tetapi juga menyediakan fasilitas cuci dan setrika nonpakaian (tidakdihitung
berdasarkan hitungan kilogram).
1.
Proses Produksi
Tahap-tahap proses kerja pada bisnis laundry ini adalah
sebagai berikut:
a.
Penerimaan cucian kotor, meliputi:
penimbangan dan penandaan cucian.
b.
Pemilihan jenis pakaian yaitu
memisahkan pakaian putih dan bukan, pakaian bernoda berat yang memerlukan
proses penghilangan noda khusus atau dengan menggunakan mesin spotting.
c.
Proses pembersihan noda (spotting
laundry processing) pada bagiankerah kemeja atau lengan bawah (ketiak) dan pada
noda-noda khusus, seperti: noda oli, noda darah, noda tinta, dll.
d.
Proses pencucian dengan
menggunakan deterjen.
e.
Proses pelembutan dengan
menggunakan softener.
f.
Proses pengeringan menggunakan
mesin pengering pakaian.
g.
Prosespenyetrikaan menggunakan
setrika uap dan untuk pakaian yang berbahan khusus, seperti kain sutra, proses
penyetrikaannya menggunakan mesin steamer.
h. Proses finishing, pada tahapan ini pakaian yang telah selesai dicuci
dan disetrika diberikan pewangi khusus laundry.Kemudian dikemas menggunakan
plastik kemasan agar tetap rapi dan wangi hingga diambil oleh konsumen.
Kemudian, cucian bersih yang telah selesai dikemas tersebut disimpan di lemari
penyimpanan untuk memudahkan pengambilan.
2.
Bahan Baku
Berikut ini adalah kebutuhan bahan baku untuk usaha
laundry(per bulan).
Nama
Barang
|
Kebutuhan
Rata-rata per Bulan (dalam rupiah)
|
||
Unit
|
Harga/unit
|
Total
Harga
|
|
Detergent Bubuk
|
20 Kg
|
8.500/Kg
|
Rp. 170.000,-
|
Detergent Cair
|
5 Liter
|
8.000/Liter
|
Rp 40.000,-
|
Pewangi
|
6 Liter
|
7.500/Liter
|
Rp 45.000,-
|
Softener
|
6 Liter
|
8.000/Liter
|
Rp. 48.000,-
|
Total
|
Rp. 303.000,-
|
Tabel 4.1
Daftar Bahan Baku yang Digunakan
3.
Peralatan
Peralatan yang
digunakan adalah sebagai berikut :
Nama Barang
|
Kebutuhan
Rata-rata per Bulan (dalam rupiah)
|
||
Unit
|
Harga/unit
|
Total
Harga
|
|
Mesin Cuci
|
2 Unit
|
2.500.000/Unit
|
Rp. 2.500.000,-
|
Mesin Pengering
|
1 Unit
|
4.000.000/Unit
|
Rp 4.000.000,-
|
Setrika Uap
|
1 Unit
|
450.000/Unit
|
Rp 450.000,-
|
Mesin Streamer
|
1 Unit
|
1.500.000/Unit
|
Rp. 1.500.000,-
|
Mesin Spoting
|
1 Unit
|
1.000.000/Unit
|
Rp. 1.000.000,-
|
Komputer
|
1 Unit
|
2.500.000/Unit
|
Rp. 2.500.000,-
|
Total
|
Rp. 14.450.000,-
|
Tabel 4.2
Daftar Peralatan yang Digunakan
4.
Perlengkapan
Adapun
perlengkapan yang dibutuhkan pada bisnis laundryini adalah sebagai berikut:
Nama
Barang
|
Kebutuhan
Rata-rata per Bulan (dalam rupiah)
|
||
Unit
|
Harga/unit
|
Total
Harga
|
|
Timbangan Duduk
|
1 unit
|
40.000/unit
|
Rp. 140.000,-
|
Hanger
|
5 lusin
|
15.000/lusin
|
Rp 75.000,-
|
Jepit Pakaian
|
5 lusin
|
6.800/lusin
|
Rp 34.000,-
|
Botol Spray
|
2 botol
|
8.000/botol
|
Rp 16.000,-
|
Ember
|
5 unit
|
20.000/unit
|
Rp. 100.000,-
|
Keranjang
|
2 unit
|
35.000/unit
|
Rp. 70.000,-
|
Nota Bon
|
500 set
|
180/set
|
Rp. 90.000,-
|
Plastik (40x60)
|
3 kg
|
22.000.kg
|
Rp. 66.000,-
|
Rak Baju
|
1 unit
|
150.000/unit
|
Rp. 150.000,-
|
Alat Tulis Kantor (Pulpen,
Staples, Buku Tulis, dll
|
1 unit
|
150.000/unit
|
Rp. 100.000,-
|
Total
|
Rp. 841.000,-
|
Tabel 4.3 Daftar Perlengkapan yang Digunakan
Gambar 4.1 Peralatan yang Digunakan
5.
Kelebihan
produk:
a.
Paket laundry :
1)
Biasa
-
Lama pencucian 2 hari
-
Biaya Rp. 3.000,-/kg
2)
Kilat Lama pencucian ½ hari
-
Biaya Rp. 5.000,-/kg
-
Jasa Cuci, Pengeringan & Setrika
b.
Menyediakan layanan jasa mencuci,
mengeringkan dan menyetrika. Untuk jasa setrika, Laundry Fresh and Dry Clean
akan memberikan pelayanan yang terbaik, seperti:
1)
Menggunakan cairan pelicin pakaian
agar hasil setrikaan lebih bagus, tidak kusut dan harum baunya.
2)
Untuk kaos dan pakaian lain yang
ada sablonan, disetrika setelah dibalik di mana yang tersetrika adalah bagian
sisi yang lainnya agar sablonan awet tidak rusak atau luntur terkena suhu
panas.
3)
Menyetrika baju sesuai aturan yang
tertera pada label pesan perlakuan pakaian yang biasanya ada di bagian
leheratau pinggang. Mempelajari suhu-suhu yang perlu diset untuk setiap jenis
bahan agar tidak salah setrika.
c.
Layanan Antar Jemput
Laundry Fresh and Dry Cleaningjuga menyediakan jasa layanan
antar jemput, sehingga dapat memudahkan konsumennya.Dikenakan biaya antar
jemput Rp. 3.000,-
d. Fasilitas kupon untuk konsumen yang sering menggunakan layanan
Laundry Fresh and Dry Cleaningmenyediakan jasa fasilitas
kupon bonus untuk konsumen yang sering menggunakan layanan laundrykami. Bonus
di berikan kepada pelanggan yang sudah memiliki 10 kupon cuci.
e.
Beberapa keunggulan yang dimiliki
oleh Jasa Laundry Fresh and Dry Cleaning ini adalah :
-
Tempat yang nyaman;
-
Pelayanan yang cepat, cermat, dan
memuaskan (mengutamakan kualitas);
-
Harga terjangkau;
-
Tersedia area basah dab area
kering, sehingga tidak mengganggu proses pencucian, proses pengeringan, dan
proses setrika.
Ditinjau dari jumlah penduduk terhadap aktivitas mereka di
luar rumah, maka kami optimis bahwa bisnis laundryyang akan dijalankan akan
berhasil. Apalagi dengan adanya usaha laundryini akan membantu pekerjaan cuci
dan setrika pakaian bagi mereka yang selalu sibuk beraktivitas di luar rumah.
Gambar 4.2 Pakaian yang selesai dicuci dan
disetrika
BAB V
ASPEK PEMASARAN
A. TARGET DAN SEGMENTASI PASAR
Target pasar adalah sekelompok pembeli yang mempunyai
sifat-sifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Target pasar dari
laundryini dilihat dari adanya pergeseran gaya hidup serta tuntutan kebutuhan
ekonomi menyebabkan sebahagian besar masyarakat Pati menjadi keluarga yang sangat
sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Hampir semua anggota keluarga, baik
suami maupun istri dituntut memiliki mobilitas tinggi dan menghabiskan
sebahagian besar waktunya pada aktivitas di luar rumah.
Hal itulah yang menyebabkan beberapa urusan di dalam rumah
kurang menjadi perhatian karena setelah lelah seharian bekerja. Pekerjaan
mencuci dan menyetrika baju kerap kali menjadi urusan yang merepotkan, sehingga
butuh bantuan orang lain, sebab mau tidak mau penampilan yang bersih dan trendy
diperlukan untuk mendukung setiap kegiatan.
Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki
seperangkat keinginan yang sama. Dengan mengetahui dan mengenali segmen pasar,
maka akan lebih mudah untuk memuaskan keinginan target. Secara umum, segmen
pasar dari laundryini secara geografis, yaitu masyarakat Pati yang berdomisili
di Desa Sidokerto dan sekitarnya. Sedangkan berdasarkan demografis, yaitu para
pelajar, mahasiswa, dan karyawan, baik pria maupun wanita yang berusia 15-45 Tahun,
dan berpenghasilan Rp.600.000-Rp.5.000.000 per bulan.
B. FAKTOR KOMPETITIF
Pesaing (competitor) merupakan faktor penting dalam
menyusun keberhasilan pemasaran. Kadang kala kita merasa bahwa produk/jasa yang
kita ciptakan sudah baik, akan tetapi perusahaan lain mungkin menciptakan
produk yang lebih baik. Apalagi pada era copycatini, sebagian orang tinggal
gampang meniru dan membuat produk dengan lebih baik, serta lebih murah dari
produk yang ditirunya.
Kami menyadari bahwa usaha sejenis juga sudah cukup banyak
di sekitar wilayah usaha, namun melihat keluhan-keluhan dari konsumen akan
pelayanan dan kepuasan yang diberikan maka kami melihat adanya peluang pasar
dimana kami hadir sebagai usaha laundry yang memiliki nilai special seperti harga jual jasa yang
terjangkau, kualitas baik, Proses pencucian dipisah-pisah masing-masing konsumen
(tidak dicampur), layanan antar jemput, konsumen dapat memilih pewangi yang
digunakan sesuai selera, lokasi usaha yang mudah dijangkau konsumen, memiliki
penampilan yang berbeda, memberikan kemudahan transaksi bagi konsumen, serta
memberikan layanan one day service (satu hari selesai). Selain itu kami juga
akan mencoba memberikan layanan “sistem out source”,
pelanggan boleh mencuci sendiri pakaian kotor mereka dengan biaya Rp 3.000,-
tiap setengah jam, atau sama dengan Rp 6.000,- per jam. Paket hemat keluarga
dengan biaya sebesar Rp 250.000,- per bulan yang bisa dibayarkan setelah
menerima gaji bulanan serta layanan antar-jemput maupun pilihan bagi konsumen
apakah pakaian tersebut hendak dilipat ataukah digantung.
Persaingan dalam usaha ini memang sudah sangat ramai, baik
oleh laundry-laundrykecil hingga laundry-laundryyang bisa dikatakan sudah cukup
besar dan memiliki nama. Dengan berbekalkan pelayanan yang baik serta harga
layanan yang terjangkau, usaha ini diyakini dapat memiliki pertumbuhan pasar
yang tinggi. Terlebih potensi pasar untuk jasa laundryini sangat besar sehingga
dengan memberikan layanan yang baik, konsumen potensial akandidapatkan dan
meningkatkan tingkat pertumbuhan pasar dari laundry ini.
Pesaing
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
Jos Laundry
|
Letaknya yang strategis
berada di daerahkampus AMIK-AKI
|
Harga yang ditawarkan
mahal, mesin cuci yang
digunakan sedikit,
sedangkan pelanggan
banyak, sehingga sering melebihi tempo selesai
pencucian
|
Fresh Laundry
|
Tampilan fisik yang
menarik, pengiklanan
bagus
|
Harga yang ditawarkan
mahal
|
Simple Laundry
|
Harga murah
|
Hasil cucian kurangbersih
|
Tabel 5.1 Kekuatan dan Kelemahan Pesaing
C. RENCANA PENJUALAN
Setelah menjelaskan aspek pasar, langkah selanjutnya adalah
rencana pengembangan usaha.
1.
Strategi Produksi
Produk utama kami adalah jasa pencucian (laundry). Tidak
seperti jasa pencucian pada umumnya,laundryumumnya menggunakan mesin, dimana
mencuci dengan menggunakan mesin sering sekali mendapatkan keluhan karena
kebersihannya, rusaknya warna dan bahan. Oleh karena itu, kami menawarkan jasa
pencucian yang berbeda. Jasa pencucian kami menggunakan tenaga manusia terlatih
untuk mencucinya, menjaga dan merawat bahan dan warna bahan, menjamin
kebersihan hasil pencucian.
Setelah pakaian dicuci kemudian jasa setrika juga
disediakan sampai pakaian siap pakai. Selain jasa tersebut diatas, perusahaan
juga memberikan fasilitas tambahan untuk antar jemput pakaian (delivery) dan
servicecepat (one day service). Produk layanan utama dan layanan tambahan
diyakini dapat meningkatkan nilai produk terhadap konsumen.
2.
Strategi Marketing
Strategi adalah suatu rencana untuk mencapai tujuan
organisasi. Jasa laundryini mempunyai strategi diferensiasi, dimana pelayanan
jasa akan berkonsentrasi untuk mencapai kinerja yang terbaik dalam memberikan
manfaat bagi pelanggan. Sasaran utama dari marketingini adalah memperkenalkan
kepada konsumen tentang jasa laundryyang menggunakan cara tradisional (manual)
tetapi professional. Dalam upaya marketingini, diusahakan untuk meyakinkan
konsumen bahwa jasa ini benar-benar berkualitas dan mereka dapat menerima.Untuk
mencapai sasaran itu, maka perusahaan melakukan strategi untuk meningkatkan
konsumen. Proses strategi ini dimulai dengan membangun interaksi dan komunikasi
produk melalui periklanan. Kegiatan periklanan ini akan terus dievaluasi dengan
melihat pengaruhnya terhadap brand awareness (kemampuan dari calon konsumen
untuk mengenali atau menyebutkan kembali suatu merek).Strategi ini akan
dilakukan secara periodik dan kontinu.
3.
Strategi Keuangan
Untuk melakukan perluasan usaha, Laundry Fresh and Dry Cleaningini
akan menambah jumlah modal, dengan cara melakukan pinjaman Bank maupun dari
Investor. Pada saat melakukan rencana pembangunan sebuah usaha yang baru, akan
dilakukan analisis keuangan yang berdasarkan kegiatan yang berkaitan di
dalamnya. Analisis keuangan dilakukan supaya usaha dapat dijalankan dengan
terkontrol dan terencana.
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
A.
PENENTUAN HARGA POKOK
Setiap kilogram (Kg) pakaian yang
dilaundry kami beri harga Rp.3.000,- untuk paket jasa laundry biasa dan Rp.
5.000,- untuk jasa laundry kilat serta target usaha tiap hari 54 kg, atau 1.620
kg per bulan.
B.
INVESTASI YANG DIPERLUKAN
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
|
Harga
Satuan
|
Total
Harga
|
1
|
Mesin Cci G WP-700, 7 Kg
kapasitas
|
2 buah
|
Rp. 1.600.000
|
Rp.
3.200.000
|
2
|
Mesin Pengering Modena
MD-650, kapasitas 7 Kg
|
1 buah
|
Rp 3.800.000
|
Rp.
3.800.000
|
3
|
Setrika Cosmos
|
3 buah
|
Rp. 75.000
|
Rp. 225.000
|
4
|
Meja + alas setrika ukuran
80 x 180 cm
|
2 buah
|
Rp. 550.000
|
Rp. 1.100.000
|
5
|
Timbangan digital Max 20Kg
|
1 buah
|
Rp. 450.000
|
Rp. 450.000
|
6
|
Ember besar
|
4 buah
|
Rp. 75.000
|
Rp. 300.000
|
7
|
Keranjang
|
10 buah
|
Rp. 25.000
|
Rp. 250.000
|
8
|
Meja + alat-alat
administrasi
|
Komplit
|
Rp. 550.000
|
Rp. 550.000
|
9
|
Media Promosi (Spanduk)
|
-
|
Rp. 370.000
|
Rp. 370.000
|
10
|
Hanger + jepitan
|
15 pak
|
Rp. 15.000
|
Rp. 250.000
|
11
|
Tali Tambang
|
100 m
|
Rp. 1.000
|
Rp. 100.000
|
NO
|
NAMA
BARANG
|
JUMLAH
|
HARGA
SATUAN
|
TOTAL
HARGA
|
12
|
Rak Besi Siku
|
1 buah
|
Rp. 650.000
|
Rp. 650.000
|
13
|
Peralatan Listrik (rol,
terminal, lampu, kabel)
|
-
|
Rp 250.000
|
Rp. 250.000
|
TOTAL
|
Rp.
11.495.000
|
Tabel 6.1 Investasi Usaha
C.
KEBUTUHAN OPERASIONAL PER-BULAN
No
|
Nama Barang
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Detergen
|
25 Kg
|
Rp. 10.000
|
Rp 250.000
|
2
|
Pelicin Setrika
|
10 botol
|
Rp. 10.000
|
Rp. 100.000
|
3
|
Plastik
|
6 Rol isi 100
|
Rp. 30.000
|
Rp. 180.000
|
4
|
|
1 buah
|
Rp. 10.000
|
Rp. 10.000
|
5
|
Label
|
2 pak
|
Rp. 5.000
|
Rp. 10.000
|
6
|
Alat Tulis
|
-
|
-
|
Rp. 20.000
|
7
|
Tas Kresek
|
10 bungkus
|
Rp. 5.000
|
Rp. 50.000
|
8
|
Listrik
|
-
|
-
|
Rp. 350.000
|
9
|
Softener+Bibit Parfum
|
6 liter
|
Rp. 20.000
|
Rp. 120.000
|
10
|
Sewa Tempat
|
-
|
-
|
Rp. 500.000
|
11
|
Transportasi
|
1 liter/hari
|
Rp. 5.000
|
Rp. 150.000
|
12
|
Upah Pegawai
|
2 orang
|
Rp. 500.000
|
Rp. 1.000.000
|
13
|
Lain-Lain
|
-
|
-
|
Rp. 500.000
|
|
|
|
|
Rp. 3.240.000
|
Tabel 6.2 Kebutuhan
Operasional per-Bulan
D.
SUMBER PENDANAAN
Berasal
darimodal sendiri.
Biaya
peralatan Rp.
14.450.000
Biaya
perlengkapan Rp.
841.000
Bahan
Baku Rp.
303.000
Beban
Sewa Rp.
500.000
Beban
Iklan Rp.
500.000

Jumlah Rp. 16.744.000
Total
modalyang harus dikeluarkan untuk awal memulai usaha sebesar Rp. 16.744.000,-
E.
BEP (Break Even Point)
Break
Even pointmerupakan estimasi kasar untuk menghitung berapa lama modal yang
dikeluarkan akan kembali.
Estimasi dalam 1 bulan
a.
Estimasi untuk jenis pakaian
(berdasarkan hitungan kilogram)
Kuantitas = 10 kg x 30 hari
= 300 Kg
Harga = 300 kg x Rp 6.000
(harga per kilogram)
= Rp. 1.800.000
b.
Estimasi untuk jenis non pakaian
Kuantitas = 2 pc tiap jenis (16 jenis nonpakaian) x harga pencucian
Asumsi = (2 pc jas x Rp. 15.000) + (2
pc selimut kecil x Rp. 10.000) + (2 pc bedcover besar x Rp. 23.000) + (2 pc x
13 jenis non pakaian lainnya x harga pencuciannya masing-masing)
Maka, jumlah seluruh harga untuk jenis non pakaian sebesar
Rp. 444.000
Jadi, Penjualan =
Rp. 1.800.000 + Rp. 444.000
= Rp. 2.244.000,-
c.
Biaya Variabel
Biaya variabel merupakan biaya yang bertambah, jika
kuantitas penjualan atas suatu produk bertambah. Dalam bisnis laundry, biaya
variabel meliputi: Sabun deterjen, pewangi, tenaga kerja langsung,
pembungkusan, dll.
Jenis Biaya Variabel
|
Harga
|
Bahan Baku
|
Rp. 303.000
|
Pembungkusan (Plastik 40x60)
|
Rp. 66.000
|
Total Biaya Variabel
|
Rp. 369.000
|
Tabel 6.3 Analisis Biaya Variabel
d.
Biaya Tetap
Biaya tetap merupakan biaya yang tetap dan tidak
dipengaruhi dengan kuantitas penjualan dalam suatu produk. Dalam bisnis
laundry, biaya tetap meliputi: Peralatan, tenaga kerja tidak langsung,
perlengkapan, telepon, listrik, air, promosi, sewa tempat, dll.

Estimasi
umur aktiva tetap

5
tahun
=
Rp. 1.890.000,-
BAB VII
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian pada Bab
terdahulu maka dalam penyusunan rencana bisnis Laundry Fresh and Dry Cleaning ini, ada beberapa kesimpulan yang dapat
dikemukakan, yaitu:
1.
Perencanaan bisnis Laundry Fresh and Dry Cleaningmemperhatikan
beberapa aspek, yaitu aspek pasar, aspek produksi, analisis SDM, rencana
pengembangan usaha, pemanfaatan IT, analisis keuangan, dan analisis resiko.
2.
Berdasarkan hasil perhitungan BEP
(Break Even Point), maka dalam waktu 1 bulan, modal awal usaha sebesar Rp.
16.744.000 akan kembali.
3.
Rencana arus kas dilakukan pada
awal tahun pertama. Setelah saldo kas akhir tahun pertama diketahui dari
rencana arus kas, kemudian dilakukan proyeksi laporan arus kas untuk 5 tahun ke
depan berdasarkan estimasi proyeksi peningkatan proyek penjualan sebesar 25 %.
4.
Berdasarkan hasil perhitungan BEP
(Break Even Point), rencana arus kas, laporan arus kas 5 tahun ke depan, dan
perincian biaya lainnya, maka perencanaan bisnis Laundry Fresh and Dry Cleaning ini layak untuk didirikan
B. TINDAK LANJUT
Dalam merencanakan bisnis Laundry Fresh and Dry Cleaningini,
ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1.
Perlunya peningkatan motivasi
karyawan untuk lebih dapat bekerja seoptimal mungkin, sehingga dapat
menghasilkan jasa yang berkualitas dan dapat meningkatkan penjualan.
2.
Berorientasi pada pemenuhan
kebutuhan konsumen secara personal, sehingga laundry ini memiliki komitmen yang
kuat untuk dapat memenuhi kebutuhan konsemen akan hasil cucian yang bersih,
baik dan cepat dengan cara cucian tiap konsumen tidak akan dicampur dengan
konsumen lain.
3.
Harga yang terjangkau, karena
target market adalah mahasiswa, pelajar dan karyawan yang memiliki uang yang
terbatas, maka biaya pelayanan laundry ini dibuat agar terjangkau bagi mereka.
4.
Pemilihan karyawan yang baik, ulet
dan bertanggung jawab akan sangat mendukung terhadap pengembangan usaha.
5.
Promosi yang baik juga akan
menjadi kunci keberhasilan usaha ini.
DAFTAR PUSTAKA
........... , Sukirman, 2008. Kewirausahaan (Kasus dan Implementasinya).
Semarang: Galaksi Nusindo
........... , Sukirman, 2017 Analisis Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap
Pengembangan Kewirausahaan Usaha Kecil Jenang Kudus di Kabupaten Kudus,
Kudus : Universitas Muria Kudus. (https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&q=sukirman101%40yahoo.com&btnG=&oq)
........... , Sukirman, 2017. Analisis Pengaruh Kinerja Lingkungan
Terhadap Kinerja Perusahaan Industri Kecil Di Kabupaten Pati, Kudus :
Universitas Muria Kudus. (https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&q=sukirman101%40yahoo.com&btnG=&oq)
........... ,
http://seribupeluang.blogspot.com/2015/01/5-langkah-awal-sebelum-membuka-usaha-sendiri.html
........... ,
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-kewirausahaan-dan-wirausaha-serta-ciri-dan-tujuannya.html
LAMPIRAN
Lampiran I : Surat Keterangan Ijin Usaha
Lampiran II : Kartu Tanda Penduduk Pemilik
Usaha
![]() |
Lampiran III : Spanduk Laundry Fresh and Dry
Cleaning
Lampiran III : Denah Lokasi
|
|||||||||||||||||||||||||||
Salam sukses dari kami
BalasHapusuntuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, chemical dan perlengkapan laundry kiloan maupun satuan silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bos_pengering, Facebook : Bos Pengering
terimakasih telah berbagi info menarik seputar bisnis jasa laundry Kak, sangat bermanfaat...
BalasHapusAplikasi Kasir Laundry Android